Rabu, 18 Januari 2012

artikel kesehatan

Khasiat Ubi Jalar
Saturday, 21-October-2006, 10:53:32
Bagi Kesehatan Sekarang jangan pernah lagi menyia-nyiakan ubi jalar merah, karena khasiatnya lebih dahsyat dari sekedar menjaga kesehatan mata. Sekelompok antioksidan yang tersimpan dalam ubi jalar merah mampu menghalangi laju perusakan sel oleh radikal bebas. Karenanya ubi jalar merah dapat mencegah kemerosotan daya ingat dan kepikunan, penyakit jantung koroner, serta kanker. Plus bonus sehat lainnya termasuk membuat kita tetap awet muda.  (20196 clicks)

Kangkung Si Pengusir Racun ...
Saturday, 23-September-2006, 12:51:48
Kangkung termasuk sayur yang sangat populer.Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach. (3066 clicks)

Antibiotik ? Siapa takut ?
Friday, 02-June-2006, 10:49:49
Mungkin begitulah kira2 pikiran kebanyakan pasien Indonesia ketika diberi resep oleh dokternya ketika berobat... karena sudah seringnya diberi Antibiotik (atau disingkat AB), kita langsung saja meminumnya tanpa mempertanyakan dahulu apakah benar kita perlu AB ? Lalu kapan sih kita perlu dan kapan tidak ? Summary ini membahas dengan singkat apa itu AB dan beberapa topik yang berhubungan. (3871 clicks)

Melamin, Piring Cantik yang Menyimpan Racun
Tuesday, 04-April-2006, 23:01:55
Di banyak toko yang menjual perabot rumah tangga, peralatan makan dan minum yang disebut melamin relatif mudah ditemukan. Kalau sekitar tahun 1970-1980-an melamin masih terbatas warna maupun coraknya, maka kini desain melamin bisa bersaing dengan barang pecah belah lainnya.  (3018 clicks)

Bahaya Di Balik Piring-piring Cantik!
Monday, 27-March-2006, 21:01:22
Anda suka pakai peralatan makan dari melamin? Hati-hati, lo, karena dibalik sosoknya yang cantik serta harganya yang murah meriah, ada bahaya mengintai. Banyak yang mengandung formalin berkadar tinggi yang membahayakan kesehatan. (3524 clicks)

Tahu, Makanan Favorit yang Keamanannya Perlu Diwaspadai
Sunday, 12-March-2006, 21:36:13
PENINGKATAN kualitas sumber daya manusia salah satunya ditentukan oleh kualitas pangan yang dikonsumsinya.... Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 menyatakan bahwa kualitas pangan yang dikonsumsi harus memenuhi beberapa kriteria, di antaranya adalah aman, bergizi, bermutu, dan dapat terjangkau oleh daya beli masyarakat.  (3585 clicks)

Bahaya di Balik Gurihnya Ikan Asin
Wednesday, 15-February-2006, 19:48:11
Menikmati sajian nasi putih ditambah sambal terasi dan lalapan segar terasa kurang lengkap tanpa ikan asin. Dengan kekayaan laut seperti Indonesia, aneka jenis ikan asin dapat diperoleh dengan mudah, dari teri, tongkol, jambal hingga cumi. Karena harganya relatif terjangkau, bahan makanan ini sering digunakan menyiasati keterbatasan anggaran rumah tangga. Cara pengolahannya pun tergolong mudah dan dapat diolah jadi aneka jenis masakan.  (3549 clicks)

Mi, Lezat Bergizi tetapi Rawan Formalin!
Tuesday, 31-January-2006, 21:11:09
Mi basah rawan terhadap penambahan formalin dan boraks. Zat kimia ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sayangnya, kandungan formalin dan boraks hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan laboratorium. (3063 clicks)

MENGENAL FORMALIN DAN BAHAYANYA
Sunday, 15-January-2006, 09:17:22
Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Di dalam formalin terkandung sekitar 37 persen formaldehid dalam air. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15 persen sebagai pengawet. Formalin dikenal sebagai bahan pembunuh hama (desinfektan) dan banyak digunakan dalam industri. (4335 clicks)

Mengenal Ragam dan Manfaat Teh (3)
Sunday, 15-January-2006, 09:15:50
Selama ini orang mengenal empat jenis teh, yakni teh putih, hijau, oolong,dan teh hitam. Perbedaan keempatnya terletak pada metoda pemrosesan daun teh setelah dipetik. Tiap jenisnya dijuluki berbeda-beda pula sesuai tempatnya diproduksi. Teh hijau. Teh hitam. Teh putih. Di antara jenis-jenis teh tadi, teh hijau memang lebih populer. Setelah selama berabad-abad menjadi minuman pilihan di Asia, kepopuleran teh hijau kini merambah ke negara Barat. Kunci popularitasnya terletak pada aroma alaminya dan manfaatnya bagi kesehatan. (4797 clicks)

Mengenal Ragam & Manfaat Teh (2)
Monday, 02-January-2006, 21:26:53
(sambungan dari Mengenal ragam & manfaat teh (1))…… Prof. Dr. Sumarno Poerwo Soedarno, ketika menjabat staf ahli Menteri Kesehatan bidang teknologi kesehatan menyatakan kebiasaan minum teh dapat menurunkan angka serangan diare. Di dalam buku Shennong Bencao, Sennong mencatat 72 jenis tanaman beracun yang dapat dinetralisir oleh teh. Dengan kemampuan antibakterinya, teh membantu menghambat infeksi tenggorokan. Penelitian juga menunjukkan, meminum the memperbaiki konsentrasi, ketajaman perhatian, dan kemampuan memecahkan masalah. Lebih dari itu, teh bisa pula digunakan sebagai obat luar untuk beberapa penyakit. Di Cina, umpamanya, the hijau digunakan sebagai obat rumah untuk menyembuhkan luka atau mencegah penyakit kulit dan penyakit kaki karena kutu air. Selain itu, semua bagian tanaman teh juga bisa digunakan sebagai bahan-bahan kosmetik. Di antaranya, untuk lotion; cream antiseptik; produk-produk perawatan rambut macam shampo atau conditioner; perawatan mulut seperti pasta gigi, mouthwash, dan pelindung bibir; deodoran; produk pembersih macam sabun atau pembersih kulit; perawatan tubuh seperti hand & body lotion; perawatan kaki; dan produk-produk pelindung tubuh dari sengatan matahari atau yang diperlukan selama perjalanan.  (3305 clicks)

Mengenal Ragam dan Manfaat Teh (1)
Sunday, 18-December-2005, 21:54:39
Bila dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyak manfaatnya. Minuman ini bisa mencegah atau membantu penyembuhan penyakit ringan sejenis influenza hingga yang berat macam kanker. Jenis tehnya juga bisa dipilih menurut selera masing-masing.  (901 clicks)

INFO SEPUTAR FLU BURUNG
Friday, 25-November-2005, 20:41:50
Flu Burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang burung/unggas/ayam . Salah satu tipe yang perlu diwaspadai adalah yang disebabkan oleh virus influenza dengan kode genetik H5N1 (H=Haemagglutinin, N=Neuramidase) yang selain dapat menular dari burung ke burung ternyata dapat pula menular dari burung ke manusia.  (8098 clicks)

Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas
Saturday, 19-November-2005, 23:17:58
Pastikan Anda memberikan nutrisi yang cukup untuk otak si kecil agar ia tumbuh sehat dan juga cerdas karena dengan kekurangan salah satu nutrisi tersebut akibatnya perkembangan sistem saraf pusat dan kemampuan kognitif di masa selanjutnya pun akan turut terpengaruh (menurut suatu penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, Inggris, tahun 2001). (1779 clicks)

Dibalik Penemuan Kacamata
Thursday, 06-October-2005, 12:11:00
Nama-nama besar seperti Thomas Alfa Edison, Wright bersaudara, Alexander Fleming, dan lain-lain yang tercatat sebagai penemu teknologi yang produknya banyak mempengaruhi kehidupan manusia. Tapi banyak pula banyak benda-benda biasa dalam kehidupan sehari-hari pensil, sikat gigi, penghisap debu, peniti, dan lain-lain yang tidak kita ketahui secara pasti siapa penemunya. Demikian pula dengan kaca mata apabila kita lihat dibalik cerita penemuan kaca mata ada kisah-kisah yang menarik untuk kita ketahui.  (4734 clicks)

Pencegahan Problem Umum pada Mata
Wednesday, 05-October-2005, 12:31:07
Sungguh menyedihkan apabila orang sampai tiba-tiba menderita gangguan penglihatan secara parah dan permanen. Kebanyakan gangguan penglihatan ini bukanlah sesuatu yang menyerang secara tiba-tiba, hanya saja karena kita kurang bisa mendeteksi secara dini. Gangguan semula yang dirasa ringan dibiarkan sehingga nampak secara tiba-tiba menjadi penyakit yang menyusahkan. Oleh karena itu ada baiknya bila kita sebagai awam tahu cara-cara pencegahan yang bisa dilakukan.  (4783 clicks)

Haruskah Amandel Dioperasi ?
Wednesday, 28-September-2005, 22:43:02
Allah tak akan menciptakan organ tubuh tanpa fungsi yang berarti seberapapun kecilnya. Demikian juga dengan amandel , meskipun kecil tapi manfaatnya sangat besar untuk ketahanan tubuh. Namun demikian ada beberapa mitos-mitos yang berkembang dimasyarakat antara lain: 1. Infeksi Amandel akan membuat anak bodoh 2. Amandel akan membesar kembali beberapa lama setelah operasi 3. Ketahanan tubuh anak berkurang bila amandel diangkat. Dokter spesialis THT paling sering ditanya oleh para orang tua: Dok, amandel anak saya perlu diangkat tidak ya?  (4578 clicks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar